Jogja Umroh

gallery/lima pasti umroh - copy2

Info Umroh & Haji Khusus JOGJA

gallery/biaya umroh_versi kemenag

BIRO Travel PILIHAN

Waspada Biaya Paket Umroh Terlalu Murah dari Yogyakarta

 

 

Assalamu 'alaikum, halo para muslim dan muslimah yang ada di Jogja!

 

Baru-baru ini, pemerintah melalui kementerian agama telah mengambil alih pengelolaan umroh. Masyarakat pun memberikan respon beragam khususnya terkait dengan penyelenggaranya. Salah satu alasan pemerintah mengambil kebijakan ini adalah maraknya penipuan travel umroh abal-abal.

 

Setidaknya, ada ribuan calon jamaah umroh yang tertipu atau gagal berangkat. Itulah hasil kalkulasi sebuah situs berita nasional. Apa yang termuat dalam media massa sesungguhnya hanya menampakkan sebagian kecil saja dari realita. Faktanya, banyak biro travel umroh abal-abal yang menggunakan figur tokoh agama untuk mempromosikan jasanya. Ini semakin menarik minat banyak jamaah umroh.

 

Hal ini sudah terjadi sekitar awal tahun 90an sampai saat ini. Tetapi sayangnya masyarakat masih belum bisa mempelajari modus penipuan tersebut. Lantas, mengapa saat ini banyak biro travel murah yang abal-abal dan melakukan penipuan? Lalu mengapa paket umroh yang sangat murah harus mengantri terlebih dahulu?

 

Berdasarkan sejumlah informasi yang didapatkan dari salah satu penyelenggara umroh dengan biaya yang sangat murah, akhirnya diketahui apa yang sedang terjadi. Sistem paket umroh murah biasanya menggunakan model antrian. Dari sini saja sudah ditemukan kejanggalan, umroh sebenarnya tidak perlu antri karena pengurusan paspor dan visa sudah sangat cepat.

 

Dengan biaya umroh yang sangat murah, sangat tidak mungkin jika ini bisa menutup modal. Maka, agar jamaah umroh bisa berangkat, dibutuhkan calon jamaah baru  yang mendaftar untuk menutup biaya jamaah yang diberangkatkan tersebut. Jadi, harus terus ada calon jamaah baru yang mendaftar. Kalau tidak ada calon jamaah baru yang mendaftar, maka jamaah yang belum berangkat tidak bisa diberangkatkan. Ini tentu akan merugikan calon jamaah umroh itu sendiri. 

 

Trik promosi yang digunakan oleh jasa travel umroh abal-abal ini adalah menggunakan tokoh masyarakat sebagai ikon promosi sehingga banyak masyarakat yang percaya. Soal perizinan, sekalipun belum beres, banyak jamaah yang tidak mempermasalahkannya. Padahal, ini cukup penting.

 

Agar terhindar dari biro perjalanan umroh yang abal-abal dan super murah, anda harus memahami berapa biaya umroh yang wajar dan anda juga harus menelaah detail struktur biaya dari setiap komponennya. Komponen dari biaya umroh adalah transportasi udara, penginapan/akomodasi, transportasi lokal, kareting, visa dan pemandu umroh serta tanyakan juga keuntungan biro.

 

Seperti dikutip dari sumber ini, mari kita simak perinciannya

 

Pertama, transportasi udara. Biaya transportasi udara biasanya sangat tergantung dari jenis maskapainya, waktu keberangkatannya, dan berbagai hal lainnya. Umumnya maskapai dengan full service memiliki harga US$ 1.100 ke atas, untuk kelas medium US$ 900 ke atas dan LCC seharga US$ 700 ke atas.

 

Kedua, penginapan. Biaya termurah untuk penginapan yang ada di Tanah Suci ini untuk  satu minggu per kepala adalah 100 US$. Penginapan sekelas apartemen atau flat. Sedangkan untuk hotel bintang 3 harganya bisa mencapai US$ 200. Sedangkan untuk hotel bintang 4 dan bintang 5 masing-masing seharga 300 US$ dan 400 US$.

 

Ketiga, transportasi lokal

Biaya transportasi lokal standar paling rendah adalah US$ 100 untuk penyewaan bis. Ada juga pilihan untuk menggunakan bis biasa (semacam DAMRI) antar kota dengan biaya US$ 15.

 

Keempat, katering

Biaya per sajian adalah sekitar 5-6 US$. Jika jamaah berada di Makah dalam waktu satu minggu, berarti jamaah harus makan sebanyak 21 kali. Biaya yang harus dikeluarkan adalah kurang dari US$ 100.

 

Kelima, Muthawif

Biaya full service untuk muthawif adalah sekitar US$ 100 selama 8 hari.

 

Keenam, Visa

Biaya visa berkisar antara US$ 35 sampai dengan US$ 70. Besarnya biaya sangat tergantung dari musim.

 

Ketujuh, keuntungan biro

Komponen biaya untuk ini tidak ada standar tetapi cukup sulit untuk dibayangkan jika ada biro yang memiliki keuntungan di bawah 5% dari biaya dasar.

 

Selain ketujuh biaya di atas, masih ada biaya lain seperti pengurusan pasport, kaos, buku dan sebagainya yang mana itu adalah tanggung jawab pribadi.

 

Jadi dengan banyaknya komponen ini, maka bisa diperkirakan biaya umroh jogja sudah tembus lebih dari 20 atau 21 juta. Hindarilah penawaran di bawah harga tersebut karena kurang masuk akal.

Info Umroh & Haji untuk Muslim Yogyakarta

BERITA LAINNYA

Gambar: kemenag.go.id/